Travel : Ranu Pane. #5cmReborn Day 1

Pagi ini, lagi mindahin foto-foto di kamera, terus kebuka foto ini..

5cm ranu pani 2

Keinget lagi sebuah perjalanan yang sangat-gak-bisa-dilupain-banged karena itu adalah perjalanan terpanjang gue menggunakan kaki, hahahahahaaa.

Sebuah perjalanan napak tilas semangat, bersama penulis 5cm.5cm adalah sebuah buku yang ditulis oleh temen gue Donny Dhirgantoro, based pengalamannya berpetualang ke Gunung Semeru bersama teman-temannya. Sepuluh tahun berlalu, ternyata buku 5cm menjadi sebuah buku yang laku banget bahkan menjadi mega best seller plus bonusnya menjadi sebuah film. #ProudFriend.

5cm 1

Suatu pagi, Donny nelpon gue, dia ngejelasin dia mau ngadain semacam napak tilas dia menulis buku 5cm dengan cara jalan-jalan ke Semeru dan sekitarnya, dengan nama #5cmReborn #10thn5cm dann.. gue diajak. SIKATTTT!!!

5cm 2

Dengan mengajak teman-teman 5cm serta para blogger yang diwakili oleh Shasya Pashatama, Stephany Josephine dan gue.

5cm 3

Perjalanan pun dimulai ngumpul di kantornya Grasindo sebagai penerbit buku 5cm, setelah itu perjalanan pun lanjut menuju stasiun Senen.

 

Gue, Donny, Teppy dan Shasya pun dapet bangku satu row, semalem kita ngobrol ngalur-ngidul bagaimana Donny menulis buku 5cm.

Pagi hadir dan kita pun sudah sampai di Malang! Dari stasiun kita berenti untuk ganti mobil Jeep dan meneruskan perjalanan ke Ranu Pane. Di tengah perjalanan Shasya mendapatkan telpon dan mengharuskan Shasya balik ke Bandung, akhirnya kita pun pisah, Shasya balik ke Bandung dan sisanya melanjutkan perjalanan.

Dalam hati gue udah wanti-wanti kalau perjalanan ini bakal lama dan capek, secara kaki abis patah dan belum pernah dipakai lagi untuk jalan jauh, tapi sekali lagi Donny ngingetin kalau perjalanan ini bakal worth it banget dan gak bakal dilupain.

5cm 2

Sekitar 1,5 jam dengan perjalanan yang lika-liku kayak pikiran cewek, akhirnya rombongan pun sampai di Ranu Pane, yang terletak di kaki gunung Semeru.

Perjalanan dilanjutkan ke danau Ranu Pane. Degh! Hanya Allahuakbar yang bisa terucap. Hanya ketenangan dan kebisuan yang terasa, begitu gue ngeliat danau Ranu Pane.

Ranu artinya air yg turun dari langit berbentuk danau dan Pani katanya artinya Telinga/Mendengarkan.

Ada sebuah pepatah yang dipegang oleh suku Tengger (suku yang tinggal di daerah sekitar Gunung Semeru, semua beragama Budha), ‘Jaga ucapan dan tajamkan pendengaran’ mungkin artinya sesama manusia dan alam harus saling menghargai.

Donny cerita: “Di sini To, awal cerita 5cm dimulai. Perjalanan semangat seorang manusia untuk terus mencintai hidupnya dengan berani.”

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s