JENTERA [sebuah film karya Dmaz Brodjonegoro]

“Apakah kamu sudah yakin dengan apa yang kamu inginkan atau ucapkan?!”

Poster Jentera

Seperti itulah kiranya jawaban Dmaz Brodjonegoro, waktu gue tanya mengenai film Jentera yang pengen dia buat dan gue menjadi salah satu peran di dalamnya.

Memang dulu pernah ada lintasan keinginan di otak gue untuk menjadi bintang film, tapi itu cuma selintas harapan belaka tanpa ada usaha. Karena gue sadar, gue jauh banget dari kriteria menjadi pemain / actor film.

Tapi, ucapan keinginan sudah terlanjur terucap dan didengar oleh alam semesta. Ndilalahnya universe berkonspirasi lewat Artasya Sudirman, sang Casting Director, mewujudkan keinginan gue dengan lulusnya gue jadi salah satu pemeran di film Jentera sebagai Dowry.

Miss Dowry

Dowry, adalah pria berusia 30 tahun akhir, yang mempunyai seorang anak laki-laki yang menderita sebuah kelainan. Hal itu memaksa Dowry untuk berusaha lebih keras lagi mencari uang dengan harapan dapat mengobati dan membuat buah hatinya bahagia. Segala cara Dowry lakukan, salah satunya adalah menjadi seorang Waria pemuas kenikmatan para lelaki hidung belang. Karena sikapnya yang ngemong membuat Dowry disukai oleh rekan-rekan sejawatnya, salah satunya bernama Tweety, yang diperankan oleh Diskopantera.

Tweety & Dowry

Waria?! Hah, ga salah lo, To?! Elo jadi Waria?!

Iye, itu juga yang gue ucapkan kali pertama, begitu Tasya ngejelasin peran Dowry. Otak tentunya menolak, ditambah dengan status social gue sebagai seorang suami dan ayah dari 2 anak perempuan, tapi hati.. kepingin. Eaaaa.

Ngak, karena ceritanya, pemainnya dan timnya lah gue akhirnya memutuskan untuk mengambil peran Dowry. Ditambah dukungan dan dorongan semangat dari sang istri dan teman-teman, menambah keyakinan gue kalo Dowry itu gue. Dan gue itu Dowry.

Proses reading, latihan acting, sampai shooting, Alhamdulillah berjalan lancar tanpa ada kesulitan yang berarti. Kesulitan cuma ada di gue, iya, karena ukuran badan gue yang chubby, membuat orang wardrobe harus menyulap costume khuseus untuk gue.

Satu tahun telah berlalu, Tanggapan demi tanggapan bermunculan, dari suka, tidak suka, ngatain, jijik, bengong bahkan bangga, semua masuk menjadi sebuah nilai terbaik dan masuk ke dalam hati gue.

Rana (Asmara Abigail), seorang pekerja seks, mengalami kejadian yang tidak disangka-sangka pada hari ulang tahunnya yang ke-25. Diawali dengan mucikarinya yang nyaris membunuhnya, namun Rana dapat ditolong oleh seorang pemuda bernama Awan (Alfie Alfandy). Keduanya akhirnya kabur ke sebuah kamar kost. Di sana, Rana dan Awan beradu argumen tentang masalah keluarga dan kehidupan yang mereka alami. Dan pada akhirnya, Rana menyadari bahwa semua kejadian yang menimpanya selama ini, ternyata adalah buah dari permintaannya sendiri di ulang tahunnya kali ini. Seperti sebuah Jentera, roda yang terus berputar di tempat yang sama.

Rana (Asmara Abigail), a sex worker, had an unexpected moment on her 25th birthday. Almost killed by her pimp, Rana was saved by a stranger named Awan (Alfie Alfandy). They took refuge at a rented room where they argued about the problem they’re having. Then, Rana realized what happened to her was her birthday wish coming true. Just like a Jentera, a wheel spinning on the same axis.

—-

CAST:
Asmara Abigail
Alfie Alfandy
Erma Zarina
Iyuth Pakpahan
Didi Hasyim
Anto Nugroho
Anto Diskopantera
Novie Piw
Helty Simatupang
Ratna Bella

Director : Dmaz Brodjonegoro
Producer : Andy Harviandono
Script Writer : Ndit Naratama
Casting Director : Artasya Sudirman
D.O.P : Sesarina Puspita
Art Director : Andromedha Pradana
Music Director : Rai K. Iskandar
Make up artist : Ochi Pramita and Ratna Bella
Wardrobe : Novie Piw
Sound : Anhar Moha
Offline editor : Dmaz Brodjonegoro
Colorist : Ibnu Fajar
3D Animator : Anggun “Guntech”
Movie Soundtrack: Fourtwnty and DJ INYO

Roda selalu berputar. Kadang berada di atas, kadang berada di bawah. Tinggal bagaimana manusia berdoa dan berusaha untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan, impikan. Jika, Yang Maha Kuasa memberi ijin, ucapkan syukur, jika tidak, teruslah bermimpi dan berdoa.

Selamat menonton! 🙂

Advertisements

Published by

antopinguin

Family, Books, Food, Music, Photography and PinguOnMars

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s